Definisi Tujuan mempelajari fiqh muamalah Memahami aturan syariat dalam hal tukar-menukar hak atu mendapatkannya dan terjaga diri dari pendapatan yang haram
عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَ ذَلِكَ أُمُورٌ مُشْتَبِهَاتٌ لَا يَدْرِي كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ أَمِنَ الْحَلَالِ هِيَ أَمْ مِنَ الْحَرَامِ فَمَنْ تَرَكَهَا اسْتِبْرَاءً لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ فَقَدْ سَلِمَ وَمَنْ وَاقَعَ شَيْئًا مِنْهَا يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَ الْحَرَامَ كَمَا أَنَّهُ مَنْ يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يُوَاقِعَهُ أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلَا وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ (رواه الترمذي , حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ 1126) روي أن عمر رضي الله عنه كان يطوف بالسوق ويضرب بعض التجار بالدرة، ويقول :" لايبيع بسوقنا إلا من يفقه ، وإلا أكل الربا شاء أم أبى
MACAM-MACAM AKAD
1. JUAL BELI
A. Definisi Penukaran barang dengan barang atas dasar suka sama suka.
B. Rukun
1. Penjual 2. Pembeli
-Mu’athah Pertama, pendapat jumhur (Hanafiyah, Malikiyah dan yang rajih dalam madzhab Hanabilah bahwa jual beli tersebut sah, selama hal itu memang biasa dilakukan,menunjukkan atas kerelaan dan benar-benar mampu mengungkapkan maksud kedua belah pihak. Alasan pendapat ini adalah ijma, dimana pada setiap zaman perdagangan model dmikian itu selalu ada,akan tetapi tidak nampak ada diantara para ulama yang menolak kondisi itu. Jika demikian itu berarti mereka sepakat akan bolehnya, dan itu adalah ijma’. Kedua, pendapat syafi’iyyah bahwa itu tidak sah dan akad harus berlangsung dengan kata-kata baik tegas atau kiasan. Alasannya adalah, sabda Rasulullah s.a.w:” Sesungguhnya jual beli sah jika memang atas dasar suka sama suka” ( sahih menurut Ibnu Hibban), sedang ridho adalah perkara tersembunyi maka harus ada yang menjadi
C. SYARAT
Pertama: Syarat terjadinya jual beli (agar tidak batal/dianggap tidak ada)
a. Syarat penjual dan pembeli
1. Berakal 2. Lebih dari satu
b. Syarat barang
1. Ada pada waktu akad, kecuali salam dan istishna’
2. Merupakan harta yang bernilai -Bukan najis -Mengandung manfaat yang mubah
3. Dimiliki pihak khusus
4. Dapat diserahkan pada waktu akad
c. Syarat ijab qabul
1. Ahliyah (kompetensi) dari pelaku
2. Persesuaian antara ijab dan qabul
3. Bersatunya forum
#Kedua: Syarat pelaksanaan agar tidak mauquf (tergantung pada izin orang lain
1. Kepemilikan atau kepemilikan wewenang pelaku akad atas obyek akad
2. Tidak adanya hak orang lain pada objek akad
#Ketiga: Syarat sah jual beli (agar tidak fasid/rusak) Syarat UmumØ Yaitu, terbebas dari hal-hal berikut:
1. Ketidak jelasan (Jahalah). Menyangkut; -Jenis barang, macam dan kadar bagi pembeli -Harga -Waktu
2. Paksaan 3. Pembatasan waktu
4. Penipuan 5. Syarat yang merusak Syarat KhususØ
1. Keberadaan barang di tangan penjual dalam jual beli barang bergerak
2. Mengetahui harga awal dalam jual beli amanah
3. Cash dalam jual beli sharf
4. Cash dan sama kadar dalam jual beli barang ribawi yg sama jenis dan ‘illah
#Kelima: Syarat berkekuatan tetap (agar tidak mungkin dibatalkan salah satu pihak) Yaitu, terbebas dari semua khiyar/hak pilih
KHIYAR
Definisi : Hak kedua pihak untuk meneruskan atau membatalkan transaksi.
Macam-macam khiyar
1. Khiyar majlis Khiyar selama kedua pihak masih dalam tempat akad, belum berpisah secara fisik atau salah satu memberi pilihan, kemudia yang lain memilih jadi. Khiyar ini hanya ada pada transaksi tukar menukar barang atau harta. Menurut madzhab Syafi’i dan Hambali dan ditolak oleh dua yang lain.
à عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِذَا تَبَايَعَ الرَّجُلَانِ فَكُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا وَكَانَا جَمِيعًا أَوْ يُخَيِّرُ أَحَدُهُمَا الْآخَرَ فَإِنْ خَيَّرَ أَحَدُهُمَا الْآخَرَ فَتَبَايَعَا عَلَى ذَلِكِ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْعُ وَإِنْ تَفَرَّقَا بَعْدَ أَنْ تَبَايَعَا وَلَمْ يَتْرُكْ وَاحِدٌ مِنْهُمَا الْبَيْعَ فَقَدْ وَجَبَ الْبَيْع (رواه مسلم/2822)
2. Khiyar syarat Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad sesuai dengan batas waktu atau syarat yang disepakati (mis. Persetujuan suami / orang tua) yang disepakati.
3. Khiyar aib Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad jika terjadi cacat pada barang yang Disepakatiàbelum diketahui sebelumnya.
عن وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ حَدَّثَنَا أَبِي سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ أَيُّوبَ يُحَدِّثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ شُمَاسَةَ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ بَاعَ مِنْ أَخِيهِ بَيْعًا فِيهِ عَيْبٌ إِلَّا بَيَّنَهُ لَهُ (رواه ابن ماجه / 2237)
4. Khiyar ru’yah Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad ketika melihat barang, jika belum mengetahui pada waktu akad atau sebelumnya dalam tempo yang lazimnya barang tersebut tidak berubah. Menurut empat madzhab kecuali Syafi’i, karena termasuk menjual sesuatuà yang tidak ada pada waktu akad.
5. Khiyar naqd Hak memilih bagi salah satu atau kedua pihak yang bertransaksi untuk meneruskan atau membatalkan akad jika alat tukar tidak terpenuhi sampai waktu yang disepakati. Madzhab Abu Hanifah berdasar pada istihsanà
لازم لا تقبل الفسخ
: الزواج لازم تقبل الفسخ (بطريق الإقالة : المعاوضات المالية نافذ لازم تقبل الفسخ لأحد الطرفين : كالكفالة، الرهن صحيح غيرلازم بطبيعة العقد : كالوكالة، الإعارة بالخيار عقد موقوف : كعقد الفضولي، وعقد الصغير المميز فيما يترددبين الضرر والنفع غير صحيح جمهور باطل / فاسد حنفية باطل (ما اختل ركنه أو محله) : كعقد المجنون، بيع الخمر فاسد (ما كان مشروعا بأصله دون وصفه ):كبيع سيارة من بين السيارات دون تعيين لوجود الجهالة الفاحشة
Jual beli yang sah tapi haram
1. Jual beli najsy عن ابن عمر قال:"نـهى رسول الله – ص- عن بيع النجش"( البخاري ومسلم)
2. Jual beli pada waktu atau setelah adzan jum,at berkumandang Begitu pula selain sholat jumat atas dasar qias
ياأيهالذين آمنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله وذروا البيع (الجمعة: )
Hukum Sah & Haram Syafi’iyyahà Sah & HanafiyyahàMakruh Tahrim Batal Malikà & Ahmad
2. Merebut penjualan atau pembelian pihak lain
عن ابن عمر عن النبي –ص- قال:لا يبع أحدكم على بيع
أخيه (رواه أحمد،وفي معناه ما في الصحيحين) أن من باع من رجلين فهو للأول منهما ( رواه أحمد) Hukum Batal Dhahiriyyahà Sah Syafi’iyyahà & Abu Hanifah dll.
3. .Jual beli di masjid " إذا رأيتم من يبيع أو يبتاع في المسجد فقولوا : لا أربح الله تجارتك" Hukum Sah Abu Hanifahà Sah & Malik dan Syafi’iàmakruh Batal & Ahmadà
haram Pembagian akad ditinjau dari sudah dikenal syariat atau belumnya.
1. Akad yang sudah dikenal, misalnya, jual beli, ijarah, syarikah
2. Belum dikenal, misalnya, bai’ul wafa ’, istijrar
Macam-macam jual beli yang benar
1. Salam
A. Definisi: “Menjual sesuatu yang masih dalam tanggungan dengan kriteria tertentu dengan harga yang diberikan di depan”
B. Dasar hukum
(1) يا أيهاالذين آمنوا إذا تداينتم بدين إلى أجل مسمى فاكتبوه (البقرة: 282) (2) ِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِي الثِّمَارِ السَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ فَقَالَ مَنْ أَسْلَفَ فِي تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِي كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعـْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ (مسلم/3010) (3) إجماع
C. Rukun salam -Ijab dan qabul
D. Syarat * Syarat uang pemesanan Emas, perak, dinar, dolar dsbà-
-Diketahui jenisnya
-Diketahui kadarnya
-Diberikan dalam forum transaksi
*Syarat barang yang dipesan
-Masih dalam tanggungan
-Jelas mengenai kadar, kriteria
-Jelas waktu penyerahannya.
-Terbebas dari illat riba
2. Istishna’
A. Definisi “Pesan kepada produsen untuk dibuatkan sesuatu tertentu”
B. Dasar Hukum -Ijma’
C. Syarat Kejelasan jenis, kadar dan sifat barang yang dipesan
D. Hukumnya Jika pemesan telah melihat dan rela maka barang tersebutà
*Bagi produsen menjadi haknya dan produsen tidak berhak menjual kepada pihak lain *Bagi pemesan Jika sesuai Lazim : Abu Yusuf Ghoiru lazim: Abu Hanifah Ghoiru lazimàJika tidak sesuai
E. Perbedaannya dengan salam
1. Dalam salam uang harus diserahhkan pada waktu akad. Sementara dalam istitishna’ tidak menjadi syarat
2. Barang yang dipesan dalam salam dianggap sebagai hutang yang merupakan barang-barang yang bisa diambil dari pasaran, adapun dalam istishna’ berupa barang yang masih harus dibuat.
JUAL BELI YANG BATAL
1. Jual beli gharar
A. Definisi Setiap jual beli yang mengandung unsur ketidak jelasan atau perjudian. Ketidak jelasan tersebut misalnya terkait dengan
a. Ada atau tidaknya barang
Contoh -Menjual hewan yang masih dalam kandungan -Menjual buku sebelum dicetak Hukum Akad tersebut batal Imam Madzhab empat Ibnu Taimiyyah & Ibnul Qayyim berpendapat alasannya karena mengandung “gharar” bukan karena “tidak ada”
Dasar عن
ابن عمر أن رسول الله ص : نهى عن بيع حبل الحبلة (البخاري ومسلم)
Masalah -Menjual susu dalam ambing -Menjual wol masih pada hewan Jumhur Batal Malik Sah عن ابن عباس أنه قال: نهى رسول الله ص أن تباع ثمرة حتى تطعم , ولا يباع صوف على ظهر , ولا لبن في ضرع ( الطبراني)
b. Menjual yang tidak bisa diserah terimakan Contoh -Menjual burung di udara -Menjual ikan di sungai -Menjual barang yang dicuri Hukum Batal Imam Madzhab empat Dasar عن أبي هريرة : أن النبي نهى عن بيع الحصاة وعن بيع الغرر ( مسلم , أحمد )
2. Jual barang najis & mutanajjis
A. Contoh
B. Hukum
C. Dasar
2. Jual beli ‘urbun (porskot) Bentuk: Seseorang bermaksud membeli barang dan membayar sebagian harga dengan kesepakatan jika ia teruskan maka itu termasuk harga jika batal maka itu menjadi milik penjual. Hukum Jumhur batalà عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الْعُرْبَانِ قَالَ أَبو عَبْد اللَّهِ الْعُرْبَانُ أَنْ يَشْتَرِيَ الرَّجُلُ دَابَّةً بِمِائَةِ دِينَارٍ فَيُعْطِيَهُ دِينَارَيْنِ عُرْبُونًا فَيَقُولُ إِنْ لَمْ أَشْتَرِ الدَّابَّةَ فَالدِّينَارَانِ لَك(ابن ماجه َ2184 )
Ibnu umar, Ahmad sah.à Hadits di atas dhaif. Ada bukti persetujuan Umar ra رقم الحديث: 2078 )حديث مقطوع (وَحَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ حَسَنٍ ، وَغَيْرُهُ ، قَالُوا : ثنا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ فَرُّوخَ ، قَالَ : " إِنَّ نَافِعَ بْنَ عَبْدِ الْحَارِثِ اشْتَرَى لِعُمَرَ مِنْ صَفْوَانَ بْنِ أُمَيَّةَ دَارَ السِّجْنِ بِأَرْبَعَةِ آلافٍ فَإِنْ رَضِيَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَالْبَيْعُ جَائِزٌ وَإِلا فَلِصَفْوَانَ أَرْبَعُمِائَةِ دِرْهَمٍ " .
4. Jual beli riba Definisi: Kelebihan harta tanpa adanya pengganti pada transaksi tukar menukar harta dengan harta. Hukum: Haram, bahkan menurut semua agama samawi Al Baqarah : 278 عَنْ جَابِرٍ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ (مسلم : 2995) عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حَنْظَلَةَ غَسِيلِ الْمَلَائِكَةِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دِرْهَمٌ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةٍ وَثَلَاثِينَ زَنْيَة (أحمد : 20951)
5. Barang-barang ribawi dan alasannya (‘illatnya) i
. Barang-barang ribawi yang disebut dalam hadits
1. Emas
2. Perak
3. Gandum
4. Kurma
5. Garam *
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلًا بِمِثْلٍ سَوَاءً بِسَوَاءٍ يَدًا بِيَدٍ فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الْأَصْنَافُ فَبِيعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ (مسلم : 2970) * عن فَضَالَةَ بْنَ عُبَيْدٍ الْأَنْصَارِيَّ يَقُولُا أُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ بِخَيْبَرَ بِقِلَادَةٍ فِيهَا خَرَزٌ وَذَهَبٌ وَهِيَ مِنَ الْمَغَانِمِ تُبَاعُ فَأَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالذَّهَبِ الَّذِي فِي الْقِلَادَةِ فَنُزِعَ وَحْدَهُ ثُمَّ قَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَزْنًا بِوَزْنٍ (مسلم : 2978)
b.‘Illat riba Madzhab Jenis barang Emas dan perak Gandum, kurma, garam Hanafiyah Timbangan & jenis Takaran & jenis Malikiyah Alat tukar Makanan -Pokok & disimpan Rb. Fadhlà -Mutlak Rb. Nasiahà Syafi’iyah Alat tukar Makanan -Sbg. Mk. Pokok Gandumà -Sbg. Buah Kurmaà Garamà-Sbg. Obat mk ./ bdn Hanabilah
Ada 3 riwayat Dzahiriyah Dogmatis (tanpa alasan) dan menolak qiyas Tarjih Emas dan perak standard harga / alat tukarà Gandum, kurma, garam makanan pokokà
Hikmah pengharaman riba :
1. Riba menyebabkan terjadinya permusuhan antar manusia dan menghapus jiwa solidaritas sesama.
2. Sistem riba menciptakan kelompok berlebihan harta, selalu menghisap keuntungan dari pihak lain tanpa usaha riil, bagaikan benalu masyarakat.
3. Sistem riba merupakan jalan menuju penjajahan
4. Bertentangan dengan semangat Islam untuk memberikan hutang sebagai bantuan murni kepada yang membutuhkan.
Macam-macam riba:
1. Fadhl :menjual uang atau yang sehukum dengan uang, atau makanan dengan makanan disertai dengan tambahan
2. Nasiah : Tambahan yang disyaratkan kreditur kepada debitur sebagai ganti tempo yang diberikan.
Cara jual beli barang ribawi
1. Sama jenis, sama illat sama kadarà & secara langsung (cash)
Mis : -dinar dengan kalung emas -beras dengan beras
2. Beda jenis, sama illat boleh beda kadarà & harus (cash) Mis : -emas dengan perak -beras dengan jagung
3. Beda jenis, beda illat boleh beda kadarà & cash atau kredit Mis -uang dengan beras Cara jual beli barang non ribawi Jika suatu barang terbebas dari kategori ribawi, maka boleh dilakukan transaksi dengan bebas, sama atau beda kadar, cash maupun kredit untuk dua barang satu jenis maupun beda jenis.
Misalnya, -satu baju dengan 2 baju -satu mobil dengan empat sepeda motor -tanah dengan tanah -hewan dengan hewan dsb. Diantara transaksi ribawi pada zaman sekarang
4. Jual beli ‘inah Bentuk : Seseorang membutuhkan uang kemudian ia beli barang dengan harga tertentu dengan bayar kredit. Lalu ia jual kembali barang tersebut kepada pihak pertama dengan harga lebih murah.
Hukum Haram termasuk riba walaupun tampaknya dalam bentuk jual beli.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَئِنْ تَرَكْتُمُ الْجِهَادَ وَأَخَذْتُمْ بِأَذْنَابِ الْبَقَرِ وَتَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ لَيُلْزِمَنَّكُمُ اللَّهُ مَذَلَّةً فِي رِقَابِكُمْ لَا تَنْفَكُّ عَنْكُمْ حَتَّى تَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ وَتَرْجِعُوا عَلَى مَا كُنْتُمْ عَلَيْهِ (أحمد : 4765)
2.H U T A N G
Definisi:
Harta yang diserahkan kreditur kepada debitur untuk dikembalikan lagi berupa harta sejenis pada waktu yang lain.
Dasar hukum 1. Sunnah عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي عَلَى بَابِ الْجَنَّةِ مَكْتُوبًا الصَّدَقَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا وَالْقَرْضُ بِثَمَانِيَةَ عَشَرَ فَقُلْتُ يَا جِبْرِيلُ مَا بَالُ الْقَرْضِ أَفْضَلُ مِنَ الصَّدَقَةِ قَالَ لِأَنَّ السَّائِلَ يَسْأَلُ وَعِنْدَهُ وَالْمُسْتَقْرِضُ لَا يَسْتَقْرِضُ إِلَّا مِنْ حَاجَةٍ ) ابن ماجه : 2422) عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُقْرِضُ مُسْلِمًا قَرْضًا مَرَّتَيْنِ إِلَّا كَانَ كَصَدَقَتِهَا مَرَّةً (ابن ماجه : 2421)
2. Ijma’ Hukum Sunnah bagi kreditur dan mubah bagi debitur عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ ... (مسلم : 4867)
Pembatasan waktu tidak berfungsiàJumhur Malik berfungsià
Obyek Hutang Setiap yang sah diperjual belikan dan mempunyai padanan. Misalnya: -Barang yang diukur dengan timbangan, cont; emas, beras -Barang yang diukur dengan takaran, cont; minyak -Barang yang diukur dengan bijian cont; baju, lampu -Dsb Yang harus dikembalikan debitur Barang semula atau yang sejenis Kaidah fiqhiyyah Batasan riba tsb Jika memang disyaratkan pada waktu akad atau menjadi adat. Bila tidak, maka boleh memberikan tambahan baik kwalitas maupun kwantitas atau manfaat lain pada waktu mengembalikan.
Dasar عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي رَافِعٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَسْلَفَ مِنْ رَجُلٍ بَكْرًا فَأَتَاهُ يَتَقَاضَاهُ بَكْرَهُ فَقَالَ لِرَجُلٍ انْطَلِقْ فَابْتَعْ لَهُ بَكْرًا فَأَتَاهُ فَقَالَ مَا أَصَبْتُ إِلَّا بَكْرًا رَبَاعِيًا خِيَارًا فَقَالَ أَعْطِهِ فَإِنَّ خَيْرَ الْمُسْلِمِينَ أَحْسَنُهُمْ قَضَاءً (النسائي : 4538)
Hukum tabungan dan deposito di bank konvensional
3. S E W A
Definisi: -Etimologis : Menjual manfaat –
Trminologis : Sda Hukum Boleh Semua ulama, kecuali:à Abu Bakr Al Asham, Ismail bin ‘Aliyyah, Hasan Al Bashry, Al Qasyany, An Nahrawani dan Ibnu Kisan Dasar hukum
وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَاجُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا ءَاتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّـقُوا اللَّهَ
وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِير ٌ(البقرة :233) قَالَتْ إِحْدَاهُمَا يَاأَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِين ُ(26) قَالَ إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أُنْكِحَكَ إِحْدَى ابْنَتَيَّ هَاتَيْنِ عَلَى أَنْ تَأْجُرَنِي ثَمَانِيَ حِجَجٍ فَإِنْ أَتْمَمْتَ عَشْرًا فَمِنْ عِنْدِكَ وَمَا أُرِيدُ أَنْ أَشُقَّ عَلَيْكَ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّالِحِين َ(القصص:27) عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْطُوا الْأَجِيرَ أَجْرَهُ قَبْلَ أَنْ يَجِفَّ عَرَقُهُ (ابن ماجه: 2434)
Rukunnya:
1. Dua pihak yang bertransakai
2. Shighah (ijab qabul)
3. Obyek transaksi (manfaat dan upah) Syarat sahnya
1. Kerelaan dua belah pihak
2. Kejelasan manfaat (waktu, jenis manfaat) Boleh menurut Ibnul Qayyimà-Jika manfaat itu berupa barang
3. Kejelasan upah
4. Mampu dipenuhi secara hakiki maupun hukmi
5. Kemampuan menyerahkan barang yang disewakan yang bermanfaat tersebut
6. Manfaat itu mubah bukan haram atau wajib Sifat transaksi sewa Hanafiyyah Lazim , bisa dibatalkan karena udzur tertentu selain yang ada pada jual beli Jumhur Lazim, hanya bisa dibatalkan jika terdapat alasan sebagaimana yang ada dalam jual beli Batal atau berakhirnya
a. Munculnya cacat pada barang
b. Rusaknya barang c
. Terpenuhinya manfaat dan habisnya waktu
4. MUDHARABAH
Definisi: Transaksi antara dua pihak dimana pihak pertama mnyerahkan modal kepada pihak ke dua untuk dikembangkan dengan pembagian keuntungan sesuai kesepakatan. Nama lain: Qiradh dan mu’amalah Hukum: Boleh
Dasar : Ijma’ Rukun:
1. Dua pihak yang bertransaksi
2. Obyek transaksi (modal, kerja dan keuntungan)
3. Shighah (ijab qabul) Syarat 1. Modal berupa uang atau nilai barang dengan uang 2. Modal cash 3. Diketahui kadarnya
4. Pembagian keuntungan berdasar pada prosentase yang disepakati
5. Bidang kerja tidak dibatasi (Malik dan Syafi’I) Sifat akad: Sebelum mulai kerja muttafaqàG. Lazim Setelah dimulai kerja Lazim Yang membatalkan:
1. Hilangnya salah satu syarat sah
2. Meninggalnya salah satu pihak kecuali menurut Malikiyah
3. Gilanya salah satu pihak
4. Habisnya modal
5. S Y I R K A H
Definisi Et : Percampuran
Ter : Akad antara dua pihak dalam modal dan keuntungan
Hukum : Mubah Dasar Hukum -Shad : 24 Macam-macamnya A. S. Amlak Def. : Kepemilikan dua pihak atau lebih terhadap harta tanpa adanya akad berserikat, baik itu disengaja mis. 2 orang membeli satu barang atau diberi hibah, atau secara paksa mis. Keduanya mendapat warisan satu barang.
Hukumnya : tidak boleh saling gunakan harta diluar bagiannya tanpa izin
B. S. ‘Uqud / Amwal 1. S. ‘Inan disepakatià 2. S. Abdan Hnb, Mlk, Hnfà à3. S. Mufawadhah x Mlk, Hnf 4. S. Wujuh Hnb,à x , Hnf Rukun S. ‘Uqud
1. Dua pihak atau lebih yang bertransaksi
2. Harta (obyek akad)
3. Shighah ( akad) S
. ‘Inan Definisi :
Persekutuan antara dua pihak atau lebih pada jumlah tertentu dari harta mereka untuk dikembangkan bersama dengan pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan.
S. Mufawadhah Definisi : Transaksi dua pihak atau lebih untuk berserikat atas pekerjaan dengan syarat adanya persamaan modal, penggunaan dan agama. Sehingga setiap anggota menjadi penjamin setiap transakasi pihak yang lain. * S. Mufawadhah bisa berubah menjadi s. ‘inan jika salah satu syaratnya tidak terpenuhi. S. Wujuh Definisi : Transaksi dua pihak yang berpengaruh atau lebih untuk berserikat tanpa modal untuk membeli barang dengan pembayaran tunda kemudian dijual dengan cash dengan pembagian keuntungan dan kerugian sesuai yang disepakati. S. Abdan Definisi :Perserikatan antara dua pihak atau lebih untuk menerima pengerjaan order kerja dengan pembagian keuntungan sesuai dengan yang disepakati. Sifat akad syarikah : ghoiru lazim Yang membatalkan syarikah secara umum
1. Pembatalan oleh salah satu pihak yang berserikat
2. Matinya salah satu diantara mereka
3. Gilanya salah satu diantara mereka
4. Murtadnya salah satu diantara mereka dan berada di negara musuh Yang membatalkan syarikah secara khusus
1. Rusaknya semua barang syarikah atau barang salah satu pihak sebelum terjadi percampuran modal dalam syarikah amwal (‘inan dan mufawadhah)
2. Terjadinya perbedaan nilai harta milik dua pihak yang berserikat setelah terealisir pada awal akad dalam syarikah mufawadhah
6. JUALAH (Sayembara) Hukum : Boleh Jumhur (malikiyah, syafi’iyah, hanabilah) Tidak Hanafiyah sebab mengandung gharar yaitu: Tidak jelasnya pekerjaan dan waktu kerja. Kec. ... Dasar hukum jumhur: 1.QS. Yusuf : 72 5295عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِي اللَّهم عَنْهم أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَوْا عَلَى حَيٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ فَلَمْ يَقْرُوهُمْ فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ إِذْ لُدِغَ سَيِّدُ أُولَئِكَ فَقَالُوا هَلْ مَعَكُمْ مِنْ دَوَاءٍ أَوْ رَاقٍ فَقَالُوا إِنَّكُمْ لَمْ تَقْرُونَا وَلَا نَفْعَلُ حَتَّى تَجْعَلُوا لَنَا جُعْلًا فَجَعَلُوا لَهُمْ قَطِيعًا مِنَ الشَّاءِ فَجَعَلَ يَقْرَأُ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَيَجْمَعُ بُزَاقَهُ وَيَتْفِلُ فَبَرَأَ فَأَتَوْا بِالشَّاءِ فَقَالُوا لَا نَأْخُذُهُ حَتَّى نَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلُوهُ فَضَحِكَ وَقَالَ وَمَا أَدْرَاكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ خُذُوهَا وَاضْرِبُوا لِي بِسَهْم (البخاري)
7. WAKALAH
A. Definisi Etm : Penyerahan Term : Meminta pihak untuk menganti dalam hal yang bisa diganti
B. Hukum : Boleh
C. Dasar 1. Ayat فابعثوا أحدكم بورقكم هذه إلى المدينة ...(الكهف : )
2. Hadits
3. Ijma’
D. Rukun
1. Dua pihak yang berakad
2. Ijab qabul
E. Sifat aqad : jaizah bukan lazimah F. Syarat • Muwakkil - Berkompeten • Wakil - Berakal • Hal yang diwakilkan - Jelas - Mubah - Bisa diwakili menurut syara’ G. Sifat wakil : sebagai penerima amanah H. Masa penwakilan * Mulai : sejak selesai akad * Berakhir - Matinya salah satu pihak atau gila - Telah terlaksana - Pemutusan dari salah satu pihak - Keluarnya obyek dari penguasaan pihak pertama
8. ‘A R I Y A H
A. Definisi Etm : Datang dan pergi atau saling berganti Term : Perbolehan pihak pertama kepada pihak lain untuk memanfaatkan miliknya tanpa ganti
B. Hukum : Sunnah bagi yang meminjamkan Mubah bagi yang meminjam
C. Dasar Ayat وتعاونوا على البر والتقوى ويمنعون الماعون Hadits
D. Rukun a. Dua pihak yang berakad b. Ijab qabul
E. Sifat aqad : jaizah bukan lazimah
F. Syarat
1. Yang meminjamkan berkompeten
2. Barang bisa dimanfaatkan tanpa menghilangkannya
3. Manfaat tersebut mubah G. Masa peminjaman * Mulai : sejak barang diterima * Berakhir : sampai selesai menggunakan atau barang tersebut diminta pemilik selama tidak berefek negatif terhadap peminjam H. Hukum pengembalian : wajib bila telah selesai
I. Bila Rusak Ibnu Abbas & Syafi’I Peminjam wajib menanggung Mz. Hanafi & Maliki Tidak menanggung kecuali bila ceroboh
HAWALAH
A. Definisi
1. Etimologis :perpindahan
2. Terminologis :pemindahan hutang dari tanggungan seseorang ke tanggungan orang lain
B. Hukum
1. Bagi Muhil
2. Bagi Muhal
3. Bagi Muhal ‘alaih
C. Dasar hukum
1. Sunnah
رَوَى أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال : مَطْل الْغَنِيِّ ظُلْمٌ ، فَإِذَا أُتْبِعَ أَحَدُكُمْ عَلَى مَلِيءٍ فَلْيَتْبَعْ (1) ، وَفِي لَفْظٍ عِنْدَ الطَّبَرَانِيِّ فِي الأَْوْسَطِ : وَمَنْ أُحِيل عَلَى مَلِيءٍ فَلْيَتْبَعْ (2) وَفِي آخَرَ عِنْدَ أَحْمَدَ وَابْنِ أَبِي شَيْبَةَ : وَمَنْ أُحِيل عَلَى مَلِيءٍ فَلْيَحْتَل (3) وَقَدْ يُرْوَى بِفَاءِ التَّفْرِيعِ : وَإِذَا أُحِلْتَ عَلَى مَلِيءٍ فَاتْبَعْهُ (4) ، فَيُفِيدُ أَنَّ مَا قَبْلَهُ عِلَّتُهُ ، أَيْ أَنَّ مَطْل أَهْل الْمُلاَءَةِ وَالْيَسَارِ ظُلْمٌ مُحَرَّمٌ فِي الإِْسْلاَمِ ، فَلاَ يَخْشَيَنَّهُ مُسْلِمٌ فَيَأْبَى مِنْ خَشْيَتِهِ قَبُول الْحَوَالَةِ عَلَى مَلِيءٍ بَل إِنَّهُ لَمَأْمُورٌ بِقَبُولِهَا (5) .
2. Ijma’ انْعَقَدَ الإِْجْمَاعُ عَلَى مَشْرُوعِيَّةِ الْحَوَالَةِ
3. Qiyas ‘Illah H Far’ Far’ H Asl Asl No ?
Boleh Hawalah Boleh Kafalah
1 الْحَوَالَةُ مَقِيسَةٌ عَلَى الْكَفَالَةِ ، بِجَامِعِ أَنَّ كُلًّا مِنَ الْمُحَال عَلَيْهِ وَالْكَفِيل قَدِ
الْتَزَمَ مَا هُوَ أَهْلٌ لاِلْتِزَامِهِ وَقَادِرٌ عَلَى تَسْلِيمِهِ ، وَكِلاَهُمَا طَرِيقٌ لِتَيْسِيرِ اسْتِيفَاءِ الدَّيْنِ ، فَلاَ تَمْتَنِعُ هَذِهِ كَمَا لَمْ تَمْتَنِعْ تِلْكَ . وَالْحَاجَةُ تَدْعُو إِلَى الْحَوَالَةِ ، وَالدِّينُ يُسْرٌ
D. Syarat
E. Rukun
1. Muhil : debitur pemindah hutang (kreditur kpd muhal alaih)
2. Muhal : kreditur
3. Muhal alaih :
debitur penerima pindahan F. D MUZARA’AH A. Definisi Kerjasama pengelolaan tanah dengan mendapat sebagian hasilnya Ungkapan Fuqaha
1. Hanafiyah : transaksi atas tetumbuhan dengan mendapat bagian dari hasilnya
2. Malikiyah : perkongsian (syarikah) dalam mengelola tanaman
3. Syafiiyyah : pengelolaan tanah dengan imbalan sebagian hasilnya dengan syarat benih dari pemilik tanah
4. Hanabilah : penyerahan tanah dan benih, kepada orang yang mengelola atau tumbuhan kepada pemelihara dengan mendapat bagian tertentu yang bersifat menyeluruh
B. Istilah lain Mukhabarah
C. Perbedaan dan Persamaan dengan Musaqah
1. Persamaan : kerjasama atas pengelolaan tumbuhan
2. Perbedaan : obyek muzaraah tumbuhan kecil sedangkan obyek musaqah pepohonan
D. Perbedaan dan Persamaan dengan ijarah
1. Persamaan : mempekerjakan orang lain
2. Perbedaan : upah berupa bagian tertentu dari hasil
E. Hukum
1. Boleh : Malikiyyah, Hanabilah (I) Ibn Abbas, Muadz bin Jabal (II) Said ibn al-Musayyib, Thawus,
2. Haram : Abu Hanifah, Zufar (I) Rafi’ ibn Khudaij F. Dasar Hukum Tidak dijumpai dalam al-Qur’an dalil yang definitif mengenai akad ini
No comments:
Post a Comment