Sunday, December 7, 2014

Meme PNS di Era Jokowi

Berbagai kebijakan pemerintahan Joko Widodo terkait Pegawai Negeri Sipil (PNS), menimbulkan beragam reaksi.

Sebelumnya muncul surat terbuka seorang PNS terkait Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi, yang membatasai jumlah undangan kawinan dan tasyakuran yang diselenggarakan PNS.

Peraturan lainnya yang dibuat, adalah melaran PNS melakukan rapat-rapat di hotel. Karena dianggap melakukan pemborosan.

Kini, muncul beragam meme atau gambar lucu-lucuan terkait kebijakan ini.

Seperti gambar kisah Rhoma dan Ani dalam sebuah film lawas raja dangdut itu. Tapi quote-quote nya menggambarkan kebijakan pemerintah Jokowi terkait para PNS.


Ada juga meme sebuah gubuk di pinggir sawah. Tapi terpampang kalau itu bisa disewakan untuk PNS menggelar rapat. Meme ini muncul untuk menyindir kebijakan pemerintah Jokowi yang melarang PNS rapat di hotel.



Selain itu, ada lagi meme yang memelintir kepanjangan PNS. Kalau PNS aslinya adalah Pegawai Negeri Sipil, tapi diubah menjadi 'Pencari Nafkah Sadanya'.


Ada juga meme dengan beberapa kalimat. Seperti mengungkapkan keresahan para PNS yang dikekang melalui kebijakan pemerintah. Meme ini menganggap kini eranya memusihi PNS. "Mengurangi tunjangan PNS dan melarang diadakannya kegiatan di hotel sebagai kemenangan" tulis di meme itu.


Lalu ada juga tulisan "Sidak dan memarahi PNS sebagai prestasi"

No comments:

Post a Comment